WHAT'S NEW?
Loading...

Velociraptor : Predator kecil dan cepat (info detail)


Info Singkat
Nama: Velociraptor
Arti Nama: Pemburu Cepat
Panjang: 1,5 meter.
Berat: ±29 kilogram
Klasifikasi: Theropoda.
Tipe: Karnivora
Usia: 70-85 juta tahun yang lalu.
Periode: Akhir Cretaceous.
Lokasi: Asia, Mongolia, China

Velociraptor menjelajahi bumi sekitar 85800000-70600000 tahun yang lalu selama akhir Periode Cretaceous.
Pada tahun 1924, Henry Fairfield Osborn, maka presiden American Museum of Natural History, bernama Velociraptor. Dia diberikan nama pada dinosaurus ini, yang berasal dari kata Latin "velox" (cepat) dan "raptor" (perampok atau penjarah), sebagai deskripsi yang tepat dari kelincahan dan diet karnivora.
Ada dua spesies Velociraptor, V.mongoliensis dan V.osmolskae, yang kedua yang hanya diidentifikasi pada tahun 2008.
Seorang anggota keluarga Dromaeosauridae dari kecil hingga menengah dinosaurus burung, Velociraptor adalah kira-kira ukuran kalkun kecil dan lebih kecil daripada yang lain dalam keluarga ini dinosaurus, yang termasuk Deinonychus dan Achillobator. Velocariptor dewasa tumbuh 6,8 kaki (panjang 2 meter), 1,6 kaki (tinggi 0,5 meter) di pinggul dan beratnya 15-29 kilogram.
Pada Velociraptor lengan terawat baik dari Mongolia pada tahun 2007, menunjukkan dinosaurus memiliki ini bulu. Meskipun memiliki bulu, namun, lengan Velocariptor terlalu pendek untuk memungkinkan mereka untuk terbang atau bahkan meluncur. 


Velociraptor memiliki sedikit bulu, dan mungkin menggunakan mereka untuk menarik pasangan, mengatur suhu tubuh, melindungi telur dari lingkungan atau menghasilkan daya dorong dan kecepatan saat berlari condong.
Velociraptor memiliki tengkorak yang relatif besar, yang sekitar 9,1 inci (23 cm) panjang, cekung pada permukaan atas dan cembung di permukaan yang lebih rendah, menurut deskripsi 1999 dari tengkorak Velociraptor, yang diterbitkan dalam jurnal Acta Palaeontologica Polonica. Selain itu, moncongnya panjang, sempit dan dangkal, dan terdiri sekitar 60 persen dari seluruh panjang tengkorak dinosaurus.
Velociraptor memiliki 13 sampai 15 gigi di rahang atas dan 14 sampai 15 gigi di rahang bawah. gigi ini secara luas spasi dan bergerigi, meskipun lebih kuat pada tepi belakang dari depan.
Ekor Velociraptor untuk keras, tulang menyatu itu tidak fleksibel, tapi kemungkinan menyimpannya seimbang seperti berlari, diburu dan melompat.
Velociraptor, seperti dromaeosaurids lainnya, memiliki dua pelengkap tangan seperti besar dengan tiga cakar melengkung. Mereka juga memiliki cakar berbentuk sabit di kedua kaki dari masing-masing kaki. Mereka biasanya menampakkan cakar ini dari tanah seperti switchblades dilipat, dan menggunakan mereka sebagai kait untuk menjaga mangsa mereka melarikan diri (mirip dengan burung modern pemangsa).

Apa yang Velociraptor makan?
Velociraptor adalah karnivora yang diburu dan memulung untuk makanan. "Ini menghabiskan sebagian besar waktu makan hal-hal kecil," yang mungkin termasuk reptil, amfibi, serangga, dinosaurus kecil dan mamalia.
Predator cepat juga tampaknya memiliki hubungan yang rumit dengan Protoceratops, herbivora domba-ukuran dan nenek moyang Triceratops. Pada tahun 1971, sebuah tim Polandia-Mongolia menemukan terkenal "Berjuang Dinosaurs" spesimen - fosil dari Velociraptor dan Protoceratops terkunci dalam cengkeraman kematian, di mana Velociraptor tertanam salah satu cakar kakinya ke leher Protoceratops sementara Protoceratops menggigit pada (dan mungkin pecah) salah satu lengan Velociraptor ini.
Diawetkan dalam deposito pasir setelah terkubur dari gundukan pasir runtuh atau badai pasir tiba-tiba, pasangan membuktikan bahwa Velocariptor diburu untuk makanan, tetapi serangan pada seperti hewan besar mungkin tidak umum.

Tapi itu tidak berarti Velociraptor tidak sering makan Protoceratops bangkai. Pada tahun 2008, peneliti digali fosil Protoceratops dirusak dengan tanda dan alur pencocokan gigi raptor, serta dua gigi milik baik untuk Velociraptor atau dromaeosaurid lain.
Setelah menganalisis sisa-sisa, Hone dan rekan-rekannya memutuskan bahwa raptor tidak membunuh pemakan tumbuhan. Sebaliknya, makan di Protoceratops, yang kemungkinan memiliki sedikit daging yang tersisa di atasnya (maka bekas gigitan pada rahang herbivora dan mengetuk-out gigi raptor ini), menurut penelitian, yang diterbitkan 2010 dalam jurnal Palaeogeography, Palaeoclimatology, Palaeoecology.
Pada 2012, Hone dan rekan-rekannya juga menemukan bahwa Velocariptor kadang-kadang makan pterosaurus, ketika tim menemukan tulang pterosaurus besar di keberanian dari Velociraptor a. pterosaurus yang memiliki lebar sayap sekitar 6,5 kaki (2 m) dan mungkin telah menjadi musuh formable bahkan jika itu sakit dan terluka, menyarankan Velociraptor yang paling mungkin memulung tulang pterosaurus.

Penemuan Fosil
Velociraptor Fosil pertama ditemukan oleh Peter Kaisen pada pertama American Museum of Natural History ekspedisi ke luar Mongolia Gobi Desert pada bulan Agustus 1923. Fosil ini terdiri dari tengkorak yang hancur tapi lengkap dan cakar kaki.
Fosil Velociraptor telah ditemukan di Gurun Gobi, yang meliputi Mongolia selatan dan bagian utara Cina. Velociraptor mongoliensis hanya ditemukan di Djadochta (Djadokhta) Pembentukan, yang di provinsi Mongolia dari Omnogovi.
Velociraptor osmolskae ditemukan di Formasi Bayan Mandahu di Inner Mongolia, China. Spesies digambarkan berdasarkan tengkorak dewasa parsial.
Seperti "Berjuang Dinosaurs," fosil Velociraptor lainnya ditemukan di lingkungan gundukan pasir yang gersang.

0 komentar:

Posting Komentar