WHAT'S NEW?
Loading...

Oviraptor : Dinosaurus Pemburu Telur (info detail)


Nama: Oviraptor
Arti nama: Pemburu Telur
Ukuran: ±2 meter(6,5 kaki).
Berat: 30 kilogram(65 pounds).
Klasifikasi: Chordata, Reptilia, Dinosauria, Saurischia, Theropoda, Oviraptoridae, Oviraptorinae.
Spesies: O.philoceratops (tipe).
Tipe: Karnivora.
Lokasi : Asia, China, Mongolia.
Usia : 70 juta tahun yang lalu.
Periode waktu: Campanian dari Kapur.

Oviraptor adalah kecil, berbulu, theropoda yang hidup pada Kapur. Oviraptor pernah dianggap pemakan telur(egg-eater), karena sisa-sisa yang telah digali di dekat sarang dinosaurus. Kemudian ditemukan menjadi sarang Oviraptor sendiri, satu spesimen bahkan menunjukkan seorang ibu yang telah meninggal sementara menjaga sarangnya, mungkin karena badai pasir atau bencana alam lainnya. Oviraptor memiliki paruh besar, pernah dianggap pemecah telur, itu yang paling sering digunakan untuk menangkap kadal dan makhluk kecil lainnya. Oviraptors laki-laki memiliki puncak flamboyan di kepala mereka, paling sering digunakan dalam ritual kawin.

Spesimen pertama Oviraptor ditemukan oleh American Museum of Natural History ekspedisi ke Asia pada tahun 1923. Saat itu ditemukan di Gurun Gobi Mongolia. Ini adalah tempat yang sama seperti Protoceratops ditemukan. Spesimen tengkorak ditemukan hampir lengkap bersama dengan bagian tangan dan tulang leher. Itu ditemukan tergeletak di samping sarang telur yang mungkin milik Protoceratops. Henry Fairfield Osborn berpikir hewan mungkin telah meninggal sambil makan telur di sarang. Mungkin itu telah dibunuh oleh orang tua Protoceratops yang marah. Diet ini mungkin telur menyebabkan Osborn untuk nama genus dan spesies Oviraptor philoceratops, yang berarti "perampas telur”, pencinta ceratopsians. Pada awalnya Oviraptor dianggap anggota dari Ornithomimidae tapi jari itu tidak sama panjang dan mereka berakhir di cakar kuat melengkung. The ornithomimids memiliki jari-jari sama panjang dan cakar hampir lurus.

Tengkorak Oviraptor pendek dengan soket mata besar, lambang di atas moncong, dan rahang yang mendalam rendah dengan fenestra besar (pembukaan) di tengah. Seperti ornithomimids, baik rahang atas dan bawah yang beaklike dan ompong. Puncak itu penuh dengan sinus, atau rongga, yang diisi dengan udara saat itu masih hidup. Rahang yang tidak biasa menunjukkan bahwa hewan tersebut memiliki makanan khusus. Tidak seperti kebanyakan theropoda, kecuali ornithomimids, Oviraptor dan anggota lain dari keluarga Caenagnathidae itu mungkin herbivora (pemakan tumbuhan).
Baru-baru ini spesimen ditemukan menunjukkan bahwa selain dari tengkorak Oviraptor mirip dengan theropoda lain. Seorang dewasa adalah sekitar tiga kaki tinggi di bahu dan panjang sekitar enam kaki, dan hewan bisa menggunakannya untuk memahami. Kaki belakang yang panjang menunjukkan sudah pelari yang baik. Tanpa gigi, berjalan mungkin satu-satunya pertahanan terhadap theropoda lain.

Sejak spesimen asli ditemukan, beberapa tengkorak lain dengan kerangka telah ditemukan. Spesimen baru menunjukkan bahwa ukuran puncak pada setiap hewan berbeda. puncak berkisar dari hampir tidak ada sampai besar. Perbedaan-perbedaan ini mungkin karena usia yang berbeda dari hewan. Hal ini didukung oleh fakta bahwa kecil, soket mata hampir besar sedangkan bentuk besar jambul memiliki soket mata relatif kecil. Dalam banyak hewan modern ukuran rongga mata sebanding dengan sisa kepala semakin kecil sebagai hewan semakin besar, sehingga sama mungkin telah melalui dinosaurus.

Studi lain mengatakan bahwa Oviraptor, seperti dinosaurus kecil lainnya seperti Velociraptor, mungkin memiliki bulu di tubuhnya, menjadi teori evolusi dinosaurus menjadi burung lebih realistis.
Oviraptor erat terkait dengan Caenagnathus, dari Alberta. kerabat lainnya dari Oviraptor yang Chirostenotes dan Elmisaurus

0 komentar:

Posting Komentar