WHAT'S NEW?
Loading...

Tyrannosaurus rex (T-Rex) : Predator paling ganas di zaman dinosaurus




Nama Tyrannosaurus rex berarti "Raja Kadal Tiran": "Tyranno" berarti tiran dalam bahasa Yunani.  "Saurus" berarti kadal dalam bahasa Yunani, dan "rex" berarti "raja" dalam bahasa Latin.
T-Rex adalah anggota dari keluarga Tyrannosauroidea dinosaurus predator besar dengan senjata kecil dan tangan dua jari. Selain Tyrannosauridae, genera tyrannosaurid lainnya termasuk Albertosaurus, Alectrosaurus, Alioramus, Chingkankousaurus, daspletosaurus, Eotyrannus, Gorgosaurus, Nanotyrannus (genus kontroversial yang mungkin, pada kenyataannya, menjadi remaja T-Rex), Prodeinodon, Tarbosaurus dan Zhuchengtyrannus.
T-Rex fosil ditemukan di Amerika Utara barat, dari Alberta ke Texas. Tapi itu mungkin bahwa T-Rex adalah spesies invasif dari Asia. Sebuah analisis dari fitur kerangka T-Rex menunjukkan bahwa raja dinosaurus lebih mirip dengan dua Tyrannosauridae di Asia, Tarbosaurus dan Zhuchengtyrannus, dari pada itu untuk Amerika Utara Tyrannosauridae. Mungkin binatang purba menyeberang sekitar 67 juta tahun yang lalu ketika seaway antara Asia dan Amerika Utara surut. Namun, temuan tersebut masih awal, dan para ahli lainnya mempertahankan bahwa T. rex berkembang di Amerika Utara.

Sosok yang mengesankan
Yang terbesar dan paling lengkap kerangka T-Rex yang pernah ditemukan dijuluki Sue, setelah penemunya, ahli paleontologi Sue Hendrickson. Pengukuran Sue menyarankan T-Rex adalah salah satu dinosaurus karnivora terbesar yang pernah hidup, datang pada hingga 13 kaki (4 meter) di pinggul (titik tertinggi binatang itu karena tidak berdiri tegak) dan 40 kaki (12,3 m) panjang. Sebuah analisis, T-Rex ditimbang beratnya sampai 9 ton (sekitar 8.160 kilogram).
T-Rex memiliki paha yang kuat dan ekor yang kuat, yang diimbangi kepala yang besar (tengkorak Sue adalah 5 kaki, atau 1,5 m, panjang) dan memungkinkan untuk bergerak cepat. The Study 2011, yang juga model distribusi otot T-Rex dan pusat massa, menunjukkan raksasa bisa menjalankan 10 sampai 25 mph (17-40 km / jam), seperti studi sebelumnya telah diperkirakan.
Lengan dua jarinya yang lemah, sehingga tidak mungkin bahwa T-rex bisa menggunakannya untuk membunuh atau bahkan mendapatkan makanan ke mulut nya.

Karya nyata dari pengeluaran dengan mangsanya yang tersisa untuk dinosaurus tengkorak besar dan tebal. T-Rex memiliki gigitan terkuat dari setiap hewan darat yang pernah hidup, menurut sebuah studi di jurnal Biology Letters 2012. gigitan dinosaurus bisa mengerahkan hingga 12, 814 pound-force (57.000 Newton), yang kira-kira setara dengan kekuatan gajah ukuran sedang duduk.
T-Rex memiliki mulut penuh gigi bergerigi; gigi terbesar dari setiap dinosaurus karnivora yang pernah ditemukan adalah 12 inci (30 cm) panjang. Tapi tidak semua gigi dinosaurus disajikan fungsi yang sama. Secara khusus, gigi depan dinosaurus digunakan untuk mencengkeram dan menarik, gigi sisinya merobek daging, dan gigi punggungnya potong dadu potongan daging dan dipaksa makanan ke tenggorokan. Yang jelas, gigi T-Rex terbuka lebar dan agak kusam (bukannya datar dan belati), yang memungkinkan gigi untuk menahan kekuatan yang diberikan oleh berjuang mangsa.
T-Rex mungkin besar, tapi pendahulunya yang kecil. Tyrannosaurus pertama, berasal sekitar 170 juta tahun yang lalu selama pertengahan Jurassic. Meskipun kurang dalam perawakan, ini Tyrannosaurus kecil memiliki otak canggih dan persepsi sensorik canggih, termasuk pendengaran. Temuan ini, pada pertengahan Kapur Tyrannosaurus baru ditemukan bernama Timurlengia euotica, menunjukkan bahwa otak canggih Tyrannosaurus dikembangkan saat mereka masih kecil membantu mereka menjadi predator puncak setelah mereka tumbuh dengan ukuran T-Rex ini.

Apa T-Rex makan?
T-Rex adalah karnivora besar dan terutama makan dinosaurus herbivora, termasuk Edmontosaurus dan Triceratops. Predator mengakuisisi makanan melalui pemulungan dan berburu, tumbuh sangat cepat dan makan ratusan pound pada satu waktu.
Selama bertahun-tahun, bukti bahwa T-Rex sebenarnya diburu untuk makanan yang sangat mendalam dan termasuk hal-hal seperti tulang dengan bekas gigitan, gigi bangkai dan trek kaki menyarankan pengejaran dekat.
"Kami menemukan senjata berapi!" kata Burnham. "Dengan penemuan ini, kita sekarang tahu rakasa dalam mimpi kita adalah nyata."
T-Rex juga tidak di atas menikmati T-Rex lain untuk makan malam, menurut analisis 2010 yang diterbitkan dalam PLoS ONE dari T-Rex tulang dengan luka mendalam yang dibuat oleh gigi T. rex. Namun, tidak jelas apakah dinosaurus kanibal ini berjuang sampai mati atau hanya makan bangkai dari jenis mereka sendiri.
Para ilmuwan tidak yakin apakah T-Rex diburu sendiri atau dalam kemasan. Pada tahun 2014, peneliti menemukan tanda dinosaurus trek di kaki bukit Canadian Rockies di British Columbia - keluar dari tujuh lagu, tiga milik tyrannosaurids, kemungkinan besar Albertosaurus, Gorgosaurus atau Daspletosaurus. Penelitian menunjukkan bahwa kerabat T-Rex, setidaknya, diburu dalam kemasan.

Kapan dan Di mana T-Rex hidup?
T-Rex fosil ditemukan dalam berbagai formasi batuan berkencan dengan usia Maastrichtian dari periode Cretaceous atas, yang berlangsung 67-65 juta tahun yang lalu, menjelang akhir Era Mesozoic. Itu antara yang terakhir dari dinosaurus non-unggas ada sebelum Cretaceous-Paleogen peristiwa kepunahan, yang memusnahkan dinosaurus.
T-Rex menjelajahi seluruh apa yang sekarang barat Amerika Utara, pada saat sebuah benua pulau yang diidentifikasi sebagai Laramidia. Lebih dari 50 kerangka T. rex telah digali, menurut National Geographic. Beberapa sisa-sisa ini kerangka yang hampir lengkap, dan setidaknya satu kerangka termasuk jaringan lunak dan protein.
Fosil pemburu Barnum Brown menemukan kerangka parsial pertama dari T-Rex di bagian Montana dari Hell Creek Formation di 1902. Dia kemudian menjual spesimen ini ke Carnegie Museum of Natural History di Pittsburgh. Lain T-Rex penemuan fosil nya, juga dari Hell Creek, yang dipamerkan di American Museum of Natural History di New York.
Pada tahun 2007, para ilmuwan menemukan apa yang mungkin jejak T. rex di Hell Creek, dan menggambarkan penemuan mereka di jurnal Palaios. Jika trek memang milik T. rex, itu akan menjadi hanya kedua dikonfirmasi T. rex jejak yang pernah ditemukan, yang pertama adalah jejak ditemukan di New Mexico pada tahun 1993.

0 komentar:

Posting Komentar