WHAT'S NEW?
Loading...

Era Zaman Dinosaurus

Era Zaman Dinosaurus

Dinosaurus
Dinosaurus berasal dari kata “Denios” yang berarti menakutkan dan “Sauros” yang berarti kadal.

Dinosaurus merupakan sejenis reptilia purba yang telah lama punah dan cuma dikenali dari fosil-fosilnya saja. Sampai kini, semua fosil dinosaurus sudah ditemukan di seluruh penjuru dunia, mulai sejak dari benua Amerika, Asia, Eropa, Afrika, bahkan sampai ke Antartika. Fosil mereka berbagai macam, mulai dari yang ukurannya tidak lebih dari seekor ayam sampai seukuran gedung bertingkat lima. Dinosaurus hidup dalam zaman Mesozoikum, yang yaitu satu dari tiga zaman geologi dalam peristiwa bumi tidak hanya pada zaman Paleozoikum dan Senozoikum. Zaman ini terbagi jadi tiga era, yaitu zaman Triasik, Jurassik, dan Kretaseus atau lebih dikenal bersama era kapur.

Era Triassic



Era Triassic dimulai pada 251-200 juta tahun yang lalu. Era ini dibagi tiga, yaitu Triasik awal, Triasik pertengahan, dan Triasik akhir. Dinosaurus belum muncul pada Triassik awal. Pada periode ini, seluruhnya daratan di dunia bergabung jadi satu benua nomor satu akbar adalah Pangea. Pada musim ini nyaris 80% wilayah bumi merupakan padang pasir. Hewan mutlak yang ada pada musim ini yakni sekelompok reptil serupa mamalia yang termasuk juga keluarga Cynodont & Rhyncosaurus. Pedrator mutlak yaitu Archosaorida, ialah sekelompok reptil yang tetap mempunya interaksi kekerabatan bersama buaya terhadap era mutakhir. Ukutran mereka 50 sentimeter sampai ada yang mencapai 7m, seperti Saurosuchus. Pada pertengahan Triasik, dinosaurus mulai muncul. Tapi, dinosaurus ada kira-kira 10 persen dari total hewan darat. Dinosaurus tertua didapati ialah dinosaurus pemakan daging. Salah satunya merupakan Eoraptor. Panjangnya Cuma 1m dan tinggi tak lebih dari seekor rubah. Fosil mereka ditemukan di batuan pertengahan era Triasik kurang lebih 230 juta tahun yang lalu di Valley of the moon, Argentina. Pada akhir Triasik, Dinosaurus pemakan tumbuhan perdana yang paling dominan berasal dari keluarga prosauroproda, seperti Plateosaurus, Riojasaurus, Thecodontaurus dan Mussaurus mulai muncul. Mereka merupakan dinosaurus paling besar pada zaman Triasik.
Pada musim ini, salah satu kategori dinosaurus pemakan tunbuhan mulai bermunculan. Mereka yaitu grup Ornithopeda pertama. Wujud mereka serupa dengan dinosaurus pemakan daging, yang membedakan cuma mulut mereka yang berparuh. Tipe yang mula-mula kali muncul merupakan Pisanosaurus yang hidup pada periode yang saman bersama Eoraptor, yaitu pada pertengahan Triasik di Argentina.

Era Jurassic





Era Jurassic berjalan antara 200-145 juta tahun yang lalu. Pada periode ini, Pangea mulai terpecah, tetapi Amerik selatan, Afrika dan India tetap menyatu. Pada periode ini, iklim sejak mulai hangat dam beranekaragam type tanaman mulai muncul. Gurun pasir mulai menghilang digantika oleh hutan yang sangat lebat. Hewan seperti Archosaurida dan Rhyncosaurus sudah punah digantikan oleh Dinosaurus. Dinosaurus pada musim awal Jurassic awal masihlah berukuran mungil, walau adapun yang mulai berukuran besar, seperti Barapasaurus dan Shunosaurus yang bisa tumbuh mencapai panjang 8m, dan sekian banyak spesies dinosaurus pemekan tumbuhan bermunculan seperti Scellidosaurus dan Heterodontosaurus. Sekian banyak dinosaurus pemakan daging besar mulai muncul, bahkan sampai ke Antartika seperti Cryolophosaurus.
Prosauropoda masihlah bersikukuh pada awal Jurassic, tetapi menjelang pertengahan Jurassic, Prosauropoda mulai punah dan digantikan oleh spesies baru yang nanti dapat jadi dinosaurus paling besar sepanjang periode. Mereka merupakan Sauropoda. Sauropoda merupakan pemakan tumbuhan mutlak pada musim Jurassic. Ukuran mereka bisa dibilang raksasa. Salah satu tipe Sauropoda yakni Seismosaurus, sanggup mencapai panjang 60m, tinggi 10m, dan berat bisa mencapai 90ton. Salah satu type pun mulai berkembang. Mereka adalah Stegosaurida. Dinosaurus ini memiliki lempengan dipunggungnya dan di ekornya dipersenjatai oleh sekian banyak duri-duri tajam untuk melawan predator. Misalnya ada pada Stegosaurus. Iguanodonta atau sejenis Ornithopoda berukuran besar, pula mulai berevolusi. Terhadap sekian banyak spesies, duri-duri tersebut bahkan tumbuh sampai ke pangkal ekor dan ada pula yang tumbuh pada bahunya, seperti Kentrosaurus. Sekian banyak pemakan daging besar pula mulai bermunculan, seperti Allosaurus dan Megalosaurus. Terhadap pertengahan musim jurassik, dinosaurus mulai menyebar ke seluruh dunia, bahkan sampai ke Asia. Dan pada periode akir, jelaslah bahwa dinosaurus yang mendominasi bumi.



(akhir era jurassic)

Era Kretaseus



Era Kretaseus berjalan 145-65 juta tahun yang lalu. Era Kretaseus atau era kapur dibagi menjadi dua era, yakni Kretaseus awal dan Kretaseus akhir. Pada musim kretaseus awal, wujud bumi sama dengan era jurassik akhirm cuma saja benua-benua mulai bergerak menjauh satu sama lain. Pada periode ini, dinosaurus mulai bertambah tidak sedikit, seperti munculnya sekian banyak dinosaurus baru seperti Psittachosaurus, Iguanodonta lebih maju seperti Iguanodon & Ouranosaurus, dan Spinosaurida pemakan ikan seperti Spinosaurus dan Baryonyx. Iklim mulai basah dantersapat rawa-rawa di beragam lokasi, bahkan Mesir yang kepada era mutakhir merupakan ruang terkering didunia, pada periode inilah daerah berawa.
Pada periode Kretaseus akhir, Pangea memang lah telah tepecah dan bentuk-bentuk benua di bumi mulai serupa dengan bumi pada era mutakhir. Amerika utara terbelah jadi dua sektor. Bidang timur bergabung dengan Eropa, sedangkan sektor Barat mengakses denga Asia di sebalah utara, maka menyababkan sekian banyak dinosaurus di kedua benua tersebut serupa. Salah satunya yakni keluarga Tyrannosaurida juga sebagai salah satu dinosaurus paling besar yang sempat ada, dan ada dikedua benua itu , seperti Tarbosaurus, Alioramus, Alecterosaurus di Asia dan Tyrannosaurus, Albertosaurus, Daspletosaurus di Amerika utara. Tetapi, sekian banyak peneliti sudah menemukan Tyrannosaurida di luar Amerika utara dan Asia. Ternyata di Pulau Wight di lepas pantai inggris. Fosil itu disebut Eotyrannus yang berasal dari batuan awal era Kretaseus. Terkecuali Eotyrannus, nyaatanya ada serta Tyrannosaurida dari zaman era Jurassic, merupakan Guanlong dan Stokesaurus.
Stegosaurida mulai punah pada periode kretaseus akhir. Kedudukan mereka digantikan oleh dinosaurus lain, yakni Ankliosaurida. Ankliosaurida yaitu dinosaurus yang paling terlindungi. Nyaris badan mereka ditutupi pelat yang teramat keras. Sekian banyak spesies memiliki duri sepanjang sudut badan mereka, seperti Sauropelta dan Gastonia, tapi ada pun yang bahkan memilik semacam pemukul diujung ekornya, seperti Ankylosaurus. Sekian banyak Sauropoda serta berevolusi jadi spesies baru, yakni Titanosaurida, biarpun sekian banyak Sauropoda mulai punah. Mereka menyabar dari Amerika selatan, Afrika, India, sampai Eropa. Sekian banyak tumbuh amat besar, seperti Argentinosaurus dan paralititan, sementara lainnya bahkan Cuma berukuran 6m saja, seperti Magyarosaurus. Ceraptosida sudah berevolusi bersama mengembangkan tanduk di moncongnya dengan wujud kepala yang bervariasi, seperti Styrancosaurus yang mempunyai jumbai yang dihiasi duri-duri berukuran besar yang barangkali diperlukan untuk hiasan.



(akhir kretaseus)

Kepunahan Massal Zaman Dinosaurus



Pengaertian dasar dari kata punah ialah hilangnya sebuah spesies tertentu dari muka Bumi sebab ada penyebab tertentu. Elemen ini pun berlangsung terhadap dinosaurus. Seandainya dihitung, lama dinosaurus menguasai Bumi kira-kira 165 juta tahun. Tetapi, tiba-tiba semua binatang fantastis ini lenyap dari bumi. Sekarang ini kita Cuma mengetahui dinosaurus dari buku dan film saja.
Bahkan Cuma dinosaurus saja yang punah. Reptilia seperti Pterosaurus, Pliosaurus, Ichthyosaurus, dan sekian banyak spesies lain yang ikut punah.
Tidak sedikit teori yang bermunculan mengenai punahnya dinosaurus dari muka bumi. Adanya teori masuk akal, bahkan ada yang bisa jadi menurut sekian banyak orang dianggap konyol. Ada yang menyatakan sekian banyak diantaranya:

  • §Perubahan iklim yang mendadak


Kalau  diamati baik-baik, nyaris  diseluruh benua terhadap  zaman  Mesozoikum non es. Ini menyebabkan di Bumi seakan-akan  cuma  mempunyai  dua masa , yakni masa kering &  masa  hujan. Tetapi ,kepada  awal musim  Kretaseus, bumi mulai sejak mengalami perubahan. Australia makin  mendekat bersama Antartika yang  berada di sebelah selatan bumi. Ini mengakibatkan sekian banyak  wilayah di Australia masuk ke dalam Lingkaran Antartika yang  menyebabkan wilayah ini pula  mengalami masa  dingin yang berkepanjangan sewaktu  8 bulan . Ini barangkali  berjalan  65 Juta th  yang  dulu . Dinosaurus yang  berdarah dingin tak  sanggup  beradaptasi dengan  perubahan suhu yangsangat  ekstrim, maka  sekian banyak  dinosaurus mati sebab  penurnan suhu

§  Telur dikondumsi oleh mamalia
Sekian Banyak  mamalia mula-mula  sejak mulai  muncul terhadap  pertengahan musim  Triasik. Wujud  mereka tetap primitif  &  sekian banyak  teramat  menyerupai tikus. mereka biasa jadi  makanan sekian banyak  dinosaurus karnivora mula-mula. Sekian banyak  fosil menyatakan  bahwa mereka merupakan  hewan nokturnal atau biasa beraktivitas terhadap  tengah malam  hari . Sekian Banyak  barangkali  ada yang  memakan telur dinosaurus, tetapi  tak  ada bukti yang  menyebut  bahwa mamalia-lah yang menyebabkan dinosaurus punah.

§  Jatuhnya asteriod ke bumi
Sekian Banyak  bukti bahwa asteroid sempat  sekian banyak  kali membentur Bumi sudah  ditemukan, seperti Kawah Arizona yang  diperkirakan terbentuk 10.000 Tahun  yangdulu  &  Kawah Chixculub di Semenanjung Yucatan, Meksiko yang  diperkirakan terbentuk lebih kurang  65 Juta th  yang  dulu , sama dengan  perkiraan kapan dinosaurus terakhir punah. Teori inilah yang  paling tidak sedikit  di terima oleh warga  &  para peneliti. Berdasarkan hasil penelitian, kita sanggup  menggambarkan macam mana kepunahan dinosaurus akibat jatuhnya asteroid.

1.      Sebuah asteriod jatuh bersama kecepatan kira-kira 40.000 mil/jam mengantam Teluk Meksiko dan menyebabkan gempa besar. 


2.      Sekian banya disaat sesudah tabrakan, resiko hantaman asteroid menyebabkan ledakan awan panas yang menyapu seluruh daerah disekitarnya. 


3.      Akibat dari sapuan awan panas tadi, myaris semua ruangan diseputar daerah tebrakan rata bersama tanah. Seluruhnya dinosaurus tewas tepanggang akibat bencana itu.
Tidak hanya awan panas, tabrakan asteroid tersebut serta  menyebabkan tsunami raksasa di sekian banyak  area . Di India, berlangsung  kegiatan  gunung berapi dalam skalaagung seluas nyaris  500.000 km2. Faktor  ini menyebabkan nyaris  70% wilayah India rata akibat banjir lava yang  amat  besar .
Kepunahan ini tidak jarang  dinamakan  Kepunahan Kapur-Tersier atau K-T. Walaupun dinosaurus &  sekian banyak  hewan prasejarah yang lain sudah  punah, tetapi  adasekian banyak  hewan yang  selamat dari bencana mematikan ini. Diantaranya yakni  sekian banyak  mamalia, burung, reptilia, ikan, &  serangga. Sesudah  zamanMesozoikumberhenti , merekalah yang  menguasai bumi.
Para ilmuwan bertanya-tanya, kenapa  dinosaurus &  hewan prasejarah yang lain punah sementara yg  yang lain enggak?.
Itu merupakan  pertanyaan yangbahkan hingga  sekarang  tetap  diteliti oleh para ilmuwan. Barangkali  esok, atau lusa,
Suatu hari kelak , ada seorang  yang sanggupmemecahkan misteri alam ini.

Sekian semoga bermanfaat...

sumber: http://www.kaskus.co.id/thread/5548c85ad675d4952a8b4569/mengenal-berbagai-era-zaman-dinosaurus/

2 komentar: Leave Your Comments