WHAT'S NEW?
Loading...

Apatosaurus : Kadal Penyamar (info dinosaurus, detail)



Apatosaurus adalah dinosaurus sauropoda herbivora yang hidup dari sekitar 155.700.000-150.800.000 tahun yang lalu, selama usia Kimmeridgian dan awal Tithonian Periode Jurassic. Istilah Apatosaurus berasal dari kata Yunani Apate / apatelos, yang berarti "menipu," dan sauro, yang berarti "kadal." Yang berarti kadal penipu, disebut seperti itu karena dinosaurus ini pintar menyamar.
Ini diyakini menjadi salah satu hewan darat terbesar telah menjelajahi bumi. Fosil A.louisae (dikenal spesies Apatosaurus yang terbesar) menunjukkan dinosaurus mencapai 68,9-74,8 kaki (21-22,8 meter) panjangnya. Di masa lalu, Apatosaurus diperkirakan berat sampai 20-36 ton (20.000-36.000 kilogram).

Nama : Apatosaurus
Arti Nama : Kadal Penyamar
Panjang : ±23 meter
Berat : 20-36 ton
Usia : Periode Jurassic akhir, 150 juta tahun yang lalu
Seperti sauropoda lainnya, tulang belakang yang terdiri dari duri dipasangkan, memproduksi leher yang sangat luas dan tebal. Tapi lehernya tidak seberat yang diperkirakan, berkat sistem kantung udara yang terus relatif ringan untuk ukurannya.
Leher postur dan leher fleksibilitas Apatosaurus dan sauropoda lainnya sangat diperdebatkan. Model komputer di tahun 1990-an menunjukkan bahwa Apatosaurus memiliki sedikit fleksibilitas leher dan mungkin diadakan kepalanya horizontal (tidak akan mampu untuk makan dari puncak-puncak pohon dan kemudian menekuk kepalanya semua jalan ke tanah untuk minum air). Namun berdasarkan perbandingan dengan hewan hidup saat ini, Apatosaurus mungkin telah diadakan kepalanya tinggi dengan S-kurva angsa-seperti leher fleksibel.
Namun, melihat fleksibilitas leher burung unta (yang paling dekat leher panjang sauropod relatif), dan menyimpulkan bahwa model leher-fleksibilitas sebelumnya, yang tidak memperhitungkan efek jaringan lunak, tidak bisa benar-benar memperkirakan fleksibilitas leher sauropoda - apa artinya ini bagi postur aktual dan fleksibilitas dari leher Apatosaurus tidak jelas.
Apatosaurus memiliki kaki yang kokoh dan tidak memanjang seperti sauropoda lainnya, seperti Brachiosaurus, dan kaki belakang yang lebih besar dari anggota tubuh bagian depan nya. Seperti kebanyakan sauropoda, Apatosaurus hanya memiliki cakar besar tunggal pada setiap tubuh depan, dengan tiga jari pertama pada anggota tubuh yang memiliki cakar belakang.
Ekornya panjang dan luar biasa ramping, menyerupai bullwhip a. Sebuah model komputer rinci dalam sebuah artikel 1997 pilihan majalah menemukan bahwa celah ujung ekor akan menghasilkan "cannonlike booming" mendengar untuk mil. Namun, ujung ramping ekor Apatosaurus 'mungkin tidak akan mampu untuk menyakiti predator apapun, tidak digunakan sebagai senjata.

Apatosaurus, seperti kerabat Supersaurus akhir, memiliki duri yang luar biasa tinggi pada tulang belakang, yang membuat lebih dari setengah tinggi tulang individual.
Duri vertebral cepat penurunan ketinggian jauh mereka dari pinggul, memberikan ekor bentuk yang ramping.
Apatosaurus memiliki tengkorak yang agak kecil untuk ukuran tubuhnya. Isinya gigi pahat-seperti, cocok untuk diet herbivora

Apa yang Apatosaurus makan?
Apatosaurus makan pada tanaman dataran rendah, tapi leher panjang mungkin telah memungkinkan sauropoda ini untuk makan daun lembut di pohon-pohon tinggi, jika leher cukup fleksibel. Apatosaurus mungkin menelan potongan besar dari tanaman tanpa mengunyah dan menelan batu untuk membantu pencernaan. Seperti sauropoda besar lainnya, Apatosaurus mungkin harus makan hingga 400 kilogram (880 pon) makanan setiap hari untuk bertahan hidup.
Pada awal 2000-an, beberapa ilmuwan menyarankan Apatosaurus dan sauropoda besar lainnya harus menjadi begitu besar karena pasokan makanan mereka. Artinya, makanan mereka begitu rendah dalam nitrogen, yang diperlukan untuk pembentukan protein dan energi, bahwa mereka harus makan banyak untuk bertahan hidup, dan meningkatkan ukuran tubuh mereka. Penelitian selanjutnya, yang menganalisis total energi pada tanaman modern.

Fakta dinosaurus
Seperti herbivora besar saat ini, Apatosaurus mungkin mengandalkan mikroba usus untuk membantu mereka mencerna materi tanaman, sehingga produksi gas rumah kaca metana. Dalam sebuah penelitian di jurnal Current Biology 2012, peneliti menghitung bahwa Apatosaurus dan sauropoda lainnya memproduksi sekitar 520 juta ton metana per tahun, yang tidak begitu berbeda dari jumlah metana saat ini diproduksi oleh sumber-sumber alam dan buatan manusia.
"Mereka menghasilkan cukup metana memiliki efek kecil tapi terukur pada iklim global," kata studi peneliti utama David Wilkinson, seorang ahli biologi di Liverpool John Moores University di Inggris. "Secara teori, mereka bisa menghasilkan cukup metana berperan dalam mempertahankan iklim yang hangat dari era Mesozoic."


Penemuan fosil
Apatosaurus fosil telah ditemukan di Nine Mile Quarry dan tulang Cabin Quarry di Wyoming serta di daerah Colorado, Oklahoma dan Utah.
Apatosaurus louisae disebut oleh William Holland pada tahun 1915 untuk menghormati Louise Carnegie, istri Andrew Carnegie yang mendanai penelitian lapangan untuk menemukan kerangka dinosaurus lengkap di Amerika Barat. Apatosaurus louisae diketahui dari satu kerangka yang hampir lengkap, yang ditemukan di Utah.
Pada tahun 2008, jejak kaki dari Apatosaurus remaja ditemukan di Quarry lima di Morrison, Colo. Ditemukan oleh Matthew Mossbrucker, jejak kaki ini menunjukkan bahwa remaja bisa berjalan di kaki belakang mereka, menurut Smithsonian Magazine.
Pada tahun 2013, Mossbrucker diidentifikasi moncong pertama Apatosaurus ajax yang pernah ditemukan, yang dapat membantu ahli paleontologi lebih memahami bagaimana dinosaurus berhubungan dengan sauropoda lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar